Sunday, September 22, 2013

hendak dan tak hendak

sebuah pepatah mengatakan..' Hendak seribu jalan, tak hendak seribu dalih....."
singkat padat dan jelas. Jika kita memilki sebuah keinginan dan kita merasa bahwa kita mesti mewujudkannya, pati kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikan keinginan kita itu menjadi nyata.
Contoh kecilnya saja ketika kita memiliki keinginan untuk bisa hidup layak seperti orang lain, punya motor, rumah, tabungan , dan lain sebagainya. Sudah tentu kita akan kerja keras untuk mewujudkan harapan itu.
Kerja keras di sini maksudnya bukan kerja penuh kekerasan, tapi kerja dengan giat, rajin dan ulet tak mengenal putus asa. hehehe...
Dan juga sebalikya jika kita merasa tidak menginginkan sesuatu maka seribu alasan akan kita utarakan untuk menolaknya. Kebalikan dari yang tadi, di sini seseorang akan berusaha untuk menolak apa yang ianya nggak mau lakukan.
Contoh mudahnya pada saat siang yang panas dan terik kita suruh anak atau sodara pergi ke toko beli sabun misalnya.sedangkan saat itu dia lagi asyik menonton acara televisi kegemarannya. Acara yang sudah di tunggu-tunggu sejak seminggu sebelumnya, Nah, kira-kira saja dia sanggupkah dia meninggalkan televisi yang acaranya tidak akan di ulang lagi, untuk beli sabun?.
Pasti dia akan bilang "ga mau, suruh aja si bibi..(kalau punya bibi...), atau bla bla bla......yang intinya dia ga mau....
Tapi semoga tidak ada anak di antara pembaca semua yang seperti itu, semoga semua anaknya baik, patuh kalau di perintah atau di minta tolong untuk berbuat sesuatu.

No comments:

Post a Comment